Welcome to My Website

Assalamu'alaikum,
Selamat datang di gubukku , tempatku menyalurkan uneg-uneg, hanya sekedar untuk membagi ilmu saja, dan mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan. Karena manusia takkan pernah luput dari salah dan dosa. Saya tidak bisa maju tanpa komentar, apabila ada saran dan kritik mohon disampaikan.
Wassalam.

Jumat, 15 April 2011

Bagaimana cara merubah harddisk internal menjadi harddisk eksternal?

Pertama, tentukan jenis hard disk yang akan dibuat eksternal :
Ukuran : apabila menggunakan hard disk komputer desktop, biasanya berukuran 3.5 inch. apabila menggunakan hard disk laptop, biasanya berukuran 2.5 inch atau 1.8 inch.
Interface : tentukan interface komunikasi data hard disk anda, ada yang memakai Serial ATA (SATA) ataupun Parallel ATA (PATA).

Kedua, membeli external case sesuai dengan spesifikasi hard disk anda. Misal, spesifikasi : For 2.5 Inch SATA Hard Drive dan sebagainya.
Biasanya untuk hard disk 1.8 Inch dan 2.5 inch, menggunakan listrik cukup dari USB saja (Powered on USB), sedangkan 3.5 inch menggunakan adaptor sebagai sumber listrik yang harus diplug ke stop kontak.
Selain itu, beberapa external case memiliki interface akhir berupa USB, USB dan IEEE1394 (Firewire), ataupun USB, IEEE1394(Firewire), dan RJ45. Tentukan sesuai kebutuhan anda.

Ketiga, setelah membeli eksternal case yang cocok, buka eksternal case, hubungkan interface koneksi hard disk anda dengan head dari external case dengan hati-hati. Sekrup hard disk anda pada chasis external case, jangan terlalu kencang. Terakhir, sekrup head external case pada body case.

Keempat, hard disk external anda sudah siap digunakan. Karena ini hard disk, apabila saat menyala usahakan tidak terkena goncangan dan berada pada bidang datar.

Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar