Welcome to My Website

Assalamu'alaikum,
Selamat datang di gubukku , tempatku menyalurkan uneg-uneg, hanya sekedar untuk membagi ilmu saja, dan mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan. Karena manusia takkan pernah luput dari salah dan dosa. Saya tidak bisa maju tanpa komentar, apabila ada saran dan kritik mohon disampaikan.
Wassalam.

Rabu, 13 Maret 2013

Harlem Shake, Bentuk Kreativitas Syetan

Belakangan ini, masyarakat Indonesia sedang dilanda demam Harlem Shake. Sebuah dance yang menurut saya pribadi tidak jelas manfaatnya apa. Tapi, dibalik ketidakjelasannya itu, anehnya Harlem Shake ini begitu cepatnya menjadi trend di Indonesia. Berbagai kalangan berbondong-bondong dengan bangganya membuat versinya masing-masing. Begitu terdengar kalimat “Kolo terorita” (begitu ya kira-kira? Hehe), mereka langsung bergaya dengan gerakan-gerakan yang menurut saya lebih mirip dengan orang yang sedang kesurupan.
Sebenarnya bagaimana menurut pandangan islam tentang hal-hal yang tidak terlalu bermanfaat seperti ini?
Rasulullah SAW bersabda : ““Di antara bentuk kebaikan Islam seseorang ialah ia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya.” (Hadits Hasan diriwayatkan oleh At-Tirmidzi).
Dan diriwayatkan dari Al-Hasan ia berkata, “Salah satu tanda Allah Ta’ala berpaling dari seorang hamba ialah jika Dia membuatnya sibuk pada sesuatu yang tidak berguna baginya.”

Naudzubillah…
Saya pernah berbincang dengan guru saya, beliau bercerita kepada saya bahwa di suatu tempat menjelang magrib, beliau melihat sekelompok anak muda yang sedang asik ber Harlem Shake. Saat Adzan berkumandang, mereka berhenti sejenak dan langsung melanjutkan Harlem Shake’nya setelah Adzan selesai. Masya Allah. Setelah menyampaikan cerita tersebut, guru saya mengatakan bahwa Harlem Shake adalah salah satu bentuk kreativitas syetan untuk menjerumuskan manusia kepada hal-hal yang kurang bermanfaat. Oleh karena itulah, kita sebagai muslim harus lebih kreatif dan lebih aktif dalam menyebar kebaikan.
Hidup hanya sekali, jadilah manusia yang bermanfaat. Rasulullah SAW bersabda :
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.”.  Hadits dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ (no. 3289).
Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang banyak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Daripada ber Harlem Shake, lebih baik kita mendawamkan Al-Qur’an, ramai-ramai sholat berjamaah di Masjid dan mengerjakan hal-hal positif lainnya.
Menurut Anda pribadi, bagaimana pendapat Anda setelah melihat aksi-aksi video Harlem Shake? Silakan share pendapat Anda di sini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar