Welcome to My Website

Assalamu'alaikum,
Selamat datang di gubukku , tempatku menyalurkan uneg-uneg, hanya sekedar untuk membagi ilmu saja, dan mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan. Karena manusia takkan pernah luput dari salah dan dosa. Saya tidak bisa maju tanpa komentar, apabila ada saran dan kritik mohon disampaikan.
Wassalam.

Rabu, 10 Agustus 2011

Prosedur P3K pada Komputer

Pas mau nyalain Komputer ehh... layar gelap terus gak mau keluar gambar, gak usah panik
segera lakukan Prosedur P3K pada komputer anda :

1. Pastikan Komputer anda sudah terhubung dengan Listrik. dan pastikan tidak sedang mati listrik maklum lagi musimnya pemadaman bergilir.

2. Pada saat anda menekan tombul ON pada komputer dengarkan baik-baik apakah ada suara beep dari dalam komputer. Normalnya setiap komputer booting akan terdengan suara beep 1x. klo ternyata beepnya bunyi terus2an.
Solusi :
Putuskan komputer dengan listrik dan ikuti langkah berikut.
- Kemungkinan Memory anda kotor atau kurang pas nancap di slotnya
Lepas Memori dan bersihkan bagian bawah yang menancap ke mainboard, gunakan penghapus pensil untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Kemudian pasang lagi dengan benar sampai kuncinya terpasang dengan benar. kemudian nyalakan kembali komputer anda. (semoga sudah bisa nyala)
-Kalau belum nyala ada kemungkinan VGA anda bermasalah
lakukan sama dengan membersihkan memori lepas dulu skrup yang mengikat VGA kemudian Lepas kabel monitor yang menancap di bagian luar VGA card anda. ambil penghapus dan bersihkan bagian tembaga (bagian yang menancap di main board) setelah di bersihkan pasang lagi dengan benar, tancapkan lagi kabel monitor ke VGA CARD dan nyalakan komputer anda. (semoga sudah bisa nyala)

3. Pada saat anda menekan tombol ON pada komputer nggak ada reaksi apa-apa lampu led nggak nyala fan nggak muter dan anda sudah pastikan komputer sudah terhubung dengan listrik dengan baik dan benar.
Solusi :
- Lepas semua card yang menancap di Mainboard : Memory, VGA, Modem, Sound CARD, HARDISK, CDROM, FLOPPY DISK dan lain-lain sisakan Processor dan nyalakan lagi kalo fan processor sudah berputar kembali, pasang kembali semua alat yang tadi anda lepas dengan cara pasang 1 alat coba nyalakan, pasang lagi yang lainnya kemudian nyalakan. untuk mengetahui alat mana yang rusak.
- Kalo setelah semua peralatan komputer anda lepas dan fan processor tetap tidak mau muter coba ganti Power Supply anda dengan yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar